10 Game Mencari Obat Dari Tumbuhan Hutan Yang Mengajarkan Tentang Kesehatan Pada Anak Laki-Laki

10 Game Mencari Obat dari Tumbuhan Hutan yang Asyik dan Edukatif

Buat anak laki-laki petualang, aktivitas di luar ruangan seperti mencari tanaman obat di hutan bisa jadi seru banget. Selain seru, ternyata kegiatan ini juga bisa ngajarin banyak hal tentang kesehatan, lho. Cobain deh 10 game seru ini saat kalian lagi main di hutan:

1. Tebak-tebakan Tanaman Obat

Persiapan: Sebelum ke hutan, siapkan beberapa jenis tanaman obat, foto atau gambarnya.

Cara main: Bagilah anak-anak menjadi beberapa kelompok. Beri setiap kelompok beberapa tanaman atau gambar tanaman obat. Tugas mereka adalah menebak nama dan kegunaan tanaman tersebut.

2. Belanja Ramuan Ajaib

Persiapan: Siapkan kertas putih, pulpen, dan keranjang.

Cara main: Bagi anak-anak menjadi dua kelompok. Satu kelompok menjadi pembeli dan satu kelompok menjadi penjual. Penjual membuat daftar ramuan ajaib yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Pembeli belanja ke penjual dan diminta menyebutkan nama ramuan ajaib serta kegunaannya.

3. Pesta Teh Herbal

Persiapan: Siapkan berbagai jenis tanaman obat yang bisa diseduh menjadi teh.

Cara main: Ajari anak-anak cara menyeduh teh dari tanaman obat. Lalu ajak mereka menikmati pesta teh herbal bersama. Sambil minum teh, bahas tentang manfaat kesehatan tiap tanaman obat.

4. Ramuan Racikan Sendiri

Persiapan: Siapkan beberapa tanaman obat yang aman untuk dikonsumsi.

Cara main: Bagi anak-anak menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok diberi beberapa tanaman obat dan diminta membuat ramuan sendiri. Setelah membuat ramuan, presentasikan ke kelompok lain dan ceritakan manfaatnya.

5. Kuil Ramuan

Persiapan: Siapkan beberapa tanaman obat yang mudah dikenali, seperti jahe, kunyit, dan lidah buaya.

Cara main: Buatlah sebuah kuil dari tanaman obat tersebut. Ajak anak-anak berjalan di sekitar kuil dan mencari tanaman obat yang mereka kenal. Lalu jelaskan manfaat kesehatan dari tanaman tersebut.

6. Safari Ramuan

Persiapan: Siapkan buku panduan tanaman obat atau aplikasi penentu tumbuhan.

Cara main: Bagilah anak-anak menjadi beberapa tim. Tugas mereka adalah berkeliling hutan dan mencari tanaman obat yang tercantum dalam buku panduan atau aplikasi. Setiap tim harus memotret tanaman yang ditemukan dan menceritakan kegunaannya.

7. Perburuan Harta Karun Tanaman Obat

Persiapan: Buatlah beberapa petunjuk yang mengarah ke lokasi tanaman obat tertentu.

Cara main: Bagilah anak-anak menjadi beberapa tim. Beri setiap tim petunjuk dan minta mereka mencari tanaman obat yang dituju. Tim pertama yang menemukan semua tanaman obat adalah pemenangnya.

8. Lab Tanaman Obat

Persiapan: Siapkan peralatan sederhana seperti pisau, talenan, dan mikroskop.

Cara main: Ajak anak-anak mengumpulkan daun, bunga, atau akar dari tanaman obat. Kemudian bawa ke lab dan periksa strukturnya menggunakan mikroskop. Diskusikan kandungan dan manfaat kesehatan dari tanaman tersebut.

9. Aptek Alami

Persiapan: Siapkan berbagai produk dari tanaman obat, seperti salep, minyak, dan teh.

Cara main: Ajak anak-anak melihat-lihat produk dari tanaman obat. Jelaskan cara membuat dan manfaat kesehatan dari produk tersebut.

10. Menanam Tanaman Obat

Persiapan: Siapkan bibit atau tanaman muda dari tanaman obat.

Cara main: Ajak anak-anak menanam tanaman obat di halaman rumah atau sekolah. Ajarkan mereka cara merawat dan memanen tanaman obat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *